Rabu, 02 September 2009

PERINGATAN 350 TAHUN WAFATNYA ST. VINSENSIUS DAN ST. LOUISA

PENGANTAR
Tahun depan genap 350 tahun wafatnya pelindung segala karya amal kasih Gereja St Vinsensius Depaul (27 September 1660) dan St Luisa de Marillac (15 Maret 1660). Sepantasnya kita Keluarga Vinsensian merayakan peristiwa khusus ini. Para pemimpin Keluarga Vinsensian internasional telah memutuskan perayaan dibuka 27 September 2009 dan diakhiri 27 September 2010.

1. ARTI LOGO
St. Vinsensius dan St. Louisa menghayati inspirasi Roh Kudus dan dibimbing oleh kekuatanNya, melahirkan suatu kekuatan yang diwujudkan dalam semangat dan cinta kasihnya dalam misi yang dinamis. CM (Congregation of Mission), PK (Daughters of Charity), AIC ( International Association of Charities) adalah saksi hidup dari kreativitas yang lahir dari Roh Kudus ini.

Sesudah kematian mereka pada tahun 1660, Roh Allah terus berkarya untuk mengembangkan kekuatan kreatif tersebut, membangkitkan gerakan-gerakan dan komunitas-komunitas yang menampakkan Spiritualitas Vinsensian yang kokoh, selalu berjiwa muda, dan memberi tanggapan nyata demi kebutuhan Gereja dan masyarakat.

Logo ini mencoba untuk menggambarkan suatu visi universal dari Keluarga Vinsensian. Suatu simbol yang terdiri dari nyala api dalam berbagai warna, 4 warna, merupakan simbol dari 4 horison, yang diartikan sebagai dunia yang beraneka ragam. Nyala api ini membentuk burung merpati, yang dalam Kitab Suci diartikan Roh Kudus sebagai nyala api itu sendiri.

Simbol tersebut juga dilengkapi dengan tulisan. Pertama, adalah tema: ”Kasih dan Misi”, tema ini bertujuan untuk refleksi selama tahun Vinsensian ini. Di bawahnya ada nama St Vinsensius dan St Luisa, dengan tahun meninggalnya sampai tahun 2010.

Model penulisan memberi arti sifat yang dinamis, kegembiraan dan semangat muda. Ini mewakili secara tepat Semangat Keluarga Vinsensian.


2. TUJUAN UMUM
Keluarga Vinsensian, bersama dengan Gereja dan dunia, memberi penghormatan pada St. Vinsensius dan St. Louisa yang menjadi saksi dan teladan cinta dan pelayanan pada para miskin.

3. TUJUAN KHUSUS:
Kita memberikan penghormatan pada SVP dan SLM ketika kita:
1. Memperdalam Kharisma dan Spiritual Vinsensian
2. Merayakannya bersama dengan gereja dan dunia harta warisan mereka.
3. Mengenalkan Cinta dan Pelayanan pada para miskin melalui tindakan nyata dalam kerjasama dengan organisasi dan perkumpulan gereja
4. Memperdalam hubungan di antara anggota keluarga vinsensian dan orang miskin sebagai rekan dalam pelayanan kemanusiaan.
5. Mencoba melaksanakan perubahan sistem (systemic change) yang akan membuat orang miskin menjadi agent atas perkembangan hidup mereka.
6. Mencari cara baru untuk melayani para miskin pada jaman setelah tahun 2010.

4. JUBILEE YEAR PRAYER
Lord God Almighty, Father of the poor, you give us the grace to celebrate this year the 350th anniversary of the death of St. Vincent and St. Louise. We thank you for this immense grace. Through their intercession grant that we allow ourselves to be transformed more fully by the Spirit you gave them. May the Spirit of Charity so fill our hearts and minds that our love for our brothers and sisters, who are marginalized and rejected by society, be gentle, attentive, compassionate, pro-active and inventive unto infinity.
Make us rediscover the audacity of Vincent and Louise, the diligence and sweetness of an ever-renewed love of the poor that may help them change their lives in earnest.
Help us make our faith strong and humble in a world that seems so far away from you yet that thirsts so much for you. Make us become a sign of hope for many, as were Vincent and Louise, companions in life.
Grant that we do not back down in the face of difficulties but be ready to dirty our hands in favor of the poor, our masters. Help us learn from them to become your true sons and daughters, worthy heirs of the charism you have entrusted to Vincent and Louise for the good of the Church and of all humanity,
May this jubilee year be for our Vincentian Family a year of grace and conversion, and for those we love a year of many blessings. Amen
4. DOA TAHUN PERAYAAN
Tuhan Allah mahakuasa, Bapa kaum miskin, Engkau memberi kami rahmat untuk merayakan 350 tahun wafatnya Santo Vinsensius dan Santa Luisa pada tahun ini. Kami bersyukur atas rahmat yang demikian besar.
Berkat pengantaraan mereka relakanlah hati kami untuk diubah lebih menyeluruh oleh Roh yang Kauanugerahkan kepada mereka. Semoga Semangat Kasih memenuhi hati dan budi kami agar kasih kami bagi saudara-saudari kami yang terpinggirkan dan tersingkirkan oleh masyarakat menjadi lembut, penuh perhatian, belaskasih, proaktif dan senantiasa inventif/kreatif.
Buatlah kami menemukan kembali keberanian Vinsensius dan Luisa, kerajinan dan kelembutan dari kasih yang senantiasa dibarui bagi orang miskin agar dapat membantu mereka untuk mengubah hidup mereka dengan sungguh-sungguh.
Buatlah iman kami kuat dan rendah hati dalam dunia yang tampaknya semakin jauh dari Dikau, namun sekaligus sangat haus akan Dikau. Buatlah kami menjadi tanda harapan bagi banyak orang, sebagaimana Vinsensius dan Luisa, sahabat dalam kehidupan ini.
Anugerahilah kami agar tak pernah mundur menghadapi kesulitan apapun, namun selalu siap untuk mengotorkan tangan kami demi kepentingan orang miskin, tuan kami. Bantulah kami untuk belajar dari mereka untuk menjadi putra-putrimu yang sejati, pewaris yang layak dari karisma yang Kaupercayakan kepada Vinsensius dan Luisa bagi kebaikan Gereja dan segenap umat manusia.
Semoga tahun perayaan ini menjadi bagi kami Keluarga Vinsensian suatu tahun rahmat dan pertobatan, dan bagi mereka yang kami kasihi suatu tahun yang penuh berkat. Amin.
5. PENDALAMAN BERSAMA
Komisi Pewarisan telah memilih untuk menjangkau setiap pribadi anggota Keluarga Vinsensian daripada mensponsori symposium internasional. Akan disediakan 12 refleksi singkat (1 untuk setiap bulan dalam tahun perayaan ini) yang akan siap di internet, disertai petunjuk dan usulan penggunaannya. Proses ini sangat tergantung dari inisiatif dan kreativitas lokal.
Tujuan kita. Kita berharap untuk menjangkau setiap anggota Keluarga Vinsensian seluruh dunia. Ini adalah visi menjangkau akar rumput. Kami berharap agar anggota Kevin dapat mengorganisasi pertemuan lokal sebulan sekali selama tahun perayaan (27 September 2009-2010) untuk mendalami karisma yang kita miliki bersama, untuk semakin mengenal satu sama lain dan membangun ikatan persahabatan dan kerjasama. Kami juga sangat berharap agar mereka yang kita layani dan rekan kerja kita menjadi bagian integral perayaan kita. Harapan kami untuk melaksanakannya di tingkat lokal adalah agar dunia tahu lewat ribuan perwujudan dan kegiatan-kegiatan besar maupun kecil bahwa santo Vinsensius dan santa Luisa telah mengajar kita untuk mengasihi orang miskin.
Sarana. 12 refleksi pendek akan menjadi tema setiap bulan sepanjang tahun perayaan ini. Tujuannya adalah untuk memperdalam penghargaan dan cinta kita akan panggilan kita dan untuk merayakan karisma ini dengan orang yang kita layani dan bersama mereka yang melayani bersama kita. Kita berharap bahwa ini akan terjadi lewat sharing dari mereka yang datang bersama, karena karisma ini diwujudkan bukan dalam tulisan di atas kertas, namun dalam hidup anggota Keluarga Vinsensian. Refleksi bertujuan untuk saling berbagi pemahaman, pengalaman, harapan, dan kegiatan.
Kegiatan kita hendaknya tidak hanya bagi orang miskin, namun bersama orang miskin, agar mereka dan kita dapat merasakan kita anggota dari satu keluarga, keluarga yang dikumpulkan bersama oleh kasih Allah. Kita dapat merencanakan untuk berbagi dengan mereka dalam satu meja perjamuan resepsi bagi mereka, menyilakan mereka untuk berbagi pengalaman akan Vinsensius dan Luisa dengan kita. Atau, jika kita di sekolah, mengundang para guru, karyawan dan para murid untuk ikut masuk dalam refleksi dan kegiatan kita. Demikian juga kalau kita formator di seminari.
Duabelas tema itu adalah:
1. Alasan kita merayakan St Vinsensius dan St. Luisa kini: Menemukan kembali Dinamisme mereka dan Dipenuhi dengan Roh mereka.
2. Peran Hidup Rohani dan Devosi dalam Keluarga Vinsensian
3. Semangat Santo Vinsensius
4. Semangat Santa Luisa
5. Siapakah Yesus bagi St. Vinsensius?
6. Siapakah Yesus bagi St. Luisa?
7. Pelayanan bagi Orang Miskin
8. Mewartakan injil bagi Orang Miskin
9. Berbagai Bentuk Kemiskinan
10. Merayakan Perayaan ini bersama Orang Miskin
11. Dengan cara bagaimana Karisma St. Vinsensius dan St. Luisa dihidupi dalam Berbagai Cabang dari Keluarga Vinsensian
12. Kerjasama St. Vinsensius dan St Luisa dalam Pelayanan kepada Orang Miskin
Proses ini akan melibatkan penyusunan dan pembagian 12 refleksi lewat situs www.famvin.org dalam bahasa resminya. Kami minta Kevin di setiap wilayah bahasa menerjemahkan refleksi tersebut dalam wilayahnya. Setiap negara dapat melengkapi atau menyederhanakan sesuai keadaan dan bakat mereka


0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright by kevin indonesia  |  Template by Blogspot tutorial