Selasa, 03 Februari 2009

VISITASI KEVIN

Untuk menjalin kontak dengan anggota Kevin di Jawa Tengah kami Rm Sad Budi, Rm Rafael CM dan Sr Paula PK diantar mobil provinsial CM dikemudikan dengan setia oleh pak Pri sopir provinsialat CM berkunjung ke Jawa Tengah.

Selasa 3 Juni 2008
Kami berangkat pk 05.15 dari Provinsialat CM Jl Kepanjen 9 Surabaya. Sampai di Kertosono Sr Paula PK yang berangkat dari Kediri bergabung dengan kami. Kami makan pagi di Saradan, lalu melanjutkan perjalanan sambil kontak dengan Br Anton Sumardi FIC yang akan bergabung dengan rombongan kami di Solo. Karena kami semua taka da yang paham kota Solo, maka Br Sumardi menyambut kami di terminal Solo, lalu bersama kami ke komunitas FIC Solo. Di situ ada Novis II FIC dan beberapa bruder yang mengelola persekolahan dan mendampingi novis. Setelah ngobrol, minum dan mengagumi rumah kuno tersebut kami melanjutkan perjalanan.

Br Sumardi mengontak Roncalli mengatakan bahwa kami akan makan siang di situ. Kami tiba di Roncalli jam 13 lewat, namun disambut ramah oleh sekretaris Roncalli dan makan siang yang lezat tetap menanti kami. Setelah menikmati makan siang dan sejenak melihat gedung Roncalli yang indah kami terus melanjutkan perjalanan ke Semarang. Tiba di provinsialat FIC dengan gedungnya yang baru kami disambut bruder Anton Karyadi Provinsial, dan. diantar ke kamar kami agar dapat istirahat sejenak dan mandi.
Jam 18.00 kami mulai pertemuan. Tuan rumah menyampaikan terimakasih atas kunjungan kami sebagai wujud perhatian nyata, walau mereka “anak bungsu” baru masuk Kevin terakhir. Kami mulai dengan cerita singkat tentang perjalanan Kevin dan apa saja yang telah dilakukan. Apa saja yang masih bisa dikembangkan? Pertemuan dilanjutkan setelah makan malam bersama komunitas. Ada beberapa bruder tua yang tinggal di Provinsialat ini.
Br Sumardi FIC yang menjadi panitia Hari Studi Kevin Jateng di Yogya tahun ini mengungkapkan ada 12 tarekat yang akan ikut serta (PMY, PK, KYM, SCMM, SCSJ, ALMA, CIJ, FC, CMM, HHK, BHK, FIC), akan diundang juga SSV. Di Yogya sedang trend pertemuan antar tarekat dengan spiritualitas sejenis. Tema kali ini “Peran Spiritualitas Vinsensian dalam tarekat/serikatku” Masing-masing akan diminta untuk berbagi. Rm Sad Budi diminta untuk memfasilitasi dan menyimpulkan dengan memberi juga 1 konferensi “Kerangka Spiritualitas Vinsensian”.
Br Karyadi mengharapkan sekretariat Kevin dapat melayani pendalaman Vinsensian, antara lain dengan memberi retret. FIC telah menentukan tema retret tahunan. Mungkin tahun 2010 tentang Kerasulan atau 2011 tentang Kharisma Pendiri akan diisi Spiritualitas Vinsensian.
Program Persiapan Kaul Kekal Mei 2009 disambut dengan baik. Hanya waktunya mungkin lebih baik waktu libur sekolah/kuliah: pertengahan Juni-Juli. FIC akan ikut kalau waktunya cocok. Peserta setia selama ini KYM dan PMY biasanya kaulnya awal Juli, sehingga mereka sulit ikut bila persiapan itu sampai pertengahan Juli.
Ditanyakan juga tentang perlunya kurikulum kevinsensianan bagi persekolahan dan pramuka. Kita mungkin dapat membentuk kelompok kerja dari berbagai tarekat/serikat Kevin untuk menyusunnya.
Tanpa terasa waktu terus bergulir hingga 21.30, pertemuan kami sudahi dan kemudian kami istirahat dengan nyenyak.

Rabu, 4 Juni 2008
Pagi kami ibadat bersama terus misa dipersembahkan oleh Rm Rafael. Setelah sarapan kami melanjutkan perjalanan ke PMY Wonosobo. Sr Antoni PMY provinsial sedang di Belanda, tapi kami disambut hampir semua suster dengan gembira. Lalu kami meninjau karya asrama dan persekolahan untuk anak tuna rungu. Kemudian kami makan siang bersama sambil bersenda gurau. Setelah makan kami melanjutkan perjalanan ke FC Purworejo. Tiba di FC kami disambut dengan ramah dan diantar ke kamar untuk istirahat sejenak dan mandi.
Dalam pertemuan dengan Br Lukas FC provinsial kembali kami menceritakan perjalan Kevin Indonesia. Mohon masukan dan menawarkan Program Persiapan Kaul Kekal. Br Lukas mengungkapkan bruder FC dengan senang hati akan ikut program tersebut. Tentang jadwal menurut br Lukas tidak masalah, karena mereka yang akan kaul kekal memang diberi waktu lepas dari semua tugas. Br Lukas juga menceritakan beberapa karya FC. Termasuk dimulainya karya baru yakni rumah untuk orang stress atau sakit mental di Purworejo ini dan di Yogya.

Kamis, 5 Juni 2008
Pagi kami ibadat lalu ikut misa di gereja paroki di seberang jalan. Setelah sarapan kami berpamitan ke Yogya. Kami mampir di SLB milik FC yang terletak di lingkungan pedesaan dengan sawah menghijau di sekitarnya. Kemudian juga ke SLB tuna ganda milik PMY di pinggiran Yogya. Disitu bertemu sr Inez PK yang studi di Yogya dan bersama sr Magda PMY akan merencanakan anggaran Hari Studi Vinsensian di Yogya.
Kami kemudian menuju Provinsialat CMM disambut oleh fr Martin Leni CMM wakil provinsial (kini menjadi provinsial) dan frater frater lain. Banyak yang sudah kenal terutama dengan rm Rafael sehingga suasana sangat akrab dan informal. Fr Martin juga menyatakan kesediaan mengirim frater untuk ikut Program Persiapan Kaul Kekal, namun juga berharap agar jadwalnya bisa mundur ke bulan Juni karena umumnya mereka masih tugas studi dan tak ada tahun khusus untuk persiapan kaul kekal bagi mereka.
Sorenya kami mengunjungi komunitas SCMM, lalu ke SCSJ dan dijamu makan malam di situ. Kemudian kami ke komunitas KYM lalu kembali bermalam di Provinsialat CMM.

Jum’at, 6 Juni 2008
Pagi kami ibadat bersama komunitas lalu misa dipersembahkan Rm Sad Budi. Setelah makan pagi kami berpamitan pulang. Kami mampir di Museum Affandi dekat situ. Sayang Museum ini kurang terawat. Kami melanjutkan perjalanan pulang mampir di Provinsialat PK Kediri sambil mengantar sr Paula PK. Kami tiba di Surabaya malam, lelah tapi lega dan bahagia. (sadbudicm)